Translate

Thursday 28 September 2017

Materi Bahasa Indonesia Kelas 7: Menceritakan Pengalaman

Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
Indikator
Mampu mendata pokok-pokok cerita pengelaman yang mengesankan
Dapat menyusun pokok cerita menjadi cerita
Dapat menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat

Kegiatan pembelajaran menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
 Dalam pepatah Inggris disebutkan “experience is the best teacher”, maknanya pengalaman adalah guru yang paling berharga. Dengan pengalaman, kita bisa belajar. Apa yang telah berlalu adalah cerminan bagi masa depan.
Pengalaman yang kita lalui bermacam-macam, ada pengalaman membahagiakan, mengecewakan, menyebalkan, menyenangkan, dll. Semua pengalaman itu adalah bekal bagi kita untuk menata kehidupan. Jika itu kebaikan, dilanjutkan, jika keburukan, ditinggalkan.
 Langkah-langkah mendata pokok cerita  yang mengesankan
  1. Ingat-ingat dan pikirkan kembali pengalaman di masa lalu, terserah apakah itu membahagiakan atau sebaliknya menyedihkan
  2. Tuliskan, jangan ragu-ragu, misal
  3. Pengalman pertama masuk sekolah
  4. Menang lomba membaca puisi
  5. Mendapat hukuman dari guru
  6. Menjadi ketua kelas, dll
  7. Ingat-ingat kembali, dari banyak pengalaman itu, pilih yang paling berkesan, misal menang lomba membaca puisi
  8. Setelah menentukan satu pengalaman yang paling berkesan, buat kerangkanya, misal;
  9. Awalnya ragu-ragu
  10. Pak guru menyemangati
  11. Berlatih 2 minggu
  12. Bersemangat, antusias, banyak berlatih
  13. Hari H, grogi, tapi pantang mundur
  14. Tampil sebaik mungkin
  15. Menang lomba
  16. Mendapat ucapan selamat dari banyak orang
 Setelah itu, langkah berikutnya adalah mengembangkan kerangka cerita menjadi cerita utuh. Berikut contohnya.
 Suatu siang aku dipanggil ke kantor. Ternyata Pak Ito, guru bahasa Indonesiaku yang memanggil. Ia menjelaskan bahwa aku terpilih menjadi utusan sekolah untuk mengikuti lomba membaca puisi tingkat kecamatan. Awalnya aku ragu-ragu, apa aku mampu. Meski demikian Pak Ito meyakinkan aku. Aku bisa, aku mampu.
Bismillah ku semangati diri. Mencoba. Berlatih hampir setiap hari di bawah bimbingan pak Ito. Dua minggu berlatih keras. Akhirnya, waktu perlombaan tiba. Duh… Aku deg-degan. Tapi aku mencoba menenangkan diri. Rileks. Namaku dipanggil. Aku tampil semaksimal mungkin. Terserah menang atau tidak. Yang pasti lega sekali sudah tampil. Alhamdulillah.
Beberapa jam kemudian, saatnya pengumuman. Aku tak terlalu yakin menang. Tapi eh, ternyata namaku disebut, jadi nomor 1 lagi. Alhamdulillah. Piala kudapat. Lebih dari itu aku senang karena bisa mengikuti lomba, bisa mengalahkan rasa minder. Teman-temanku mengucapkan selamat atas keberhasilanku ini. Aku senang sekali.

1 comment:

  1. BONUS SETIAP HARI DARI DONACO POKER 2020

    Donacopoker adalah agen poker online Indonesia resmi yang melayani para pemain dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri dan bermain game kartu online yang unik. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemain setia, Donacopoker hadir dan berikan bonus-bonus terbaik setiap harinya untuk semua game yang tersedia di Poker Online.

    Jalur Cepat:
    WHATSAPP : 081333555662
    LINE : Donaco.poker
    CHAT : Klik ====> CHAT SEKARANG

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    ReplyDelete