1. Pengertian penawaran
Penawaran adalah keseluruhan jumlah barang yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya penawaran
Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya penawaran diantaranya harga barang itu sendiri, biaya produksi, kemajuan teknologi, pajak, perkiraan harga di masa datang, tujuan perusahaan.
3. Macam-macam penawaran
a) Penawaran perorangan atau penawaran individual, yaitu jumlah barang atau jasa yang akan dijual oleh seorang produsen atau penjual terhadap sejumlah kebutuhan konsumen (pembeli).
b) Penawaran kolektif atau penawaran pasar, yaitu keseluruhan jumlah suatu barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen-produsen di pasar.
4. Hukum penawaran
Bunyi Hukum Penawaran: “Apabila harga suatu barang atau jasa naik, maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan penjual akan bertambah dan sebaliknya, apabila harga suatu barang atau jasa turun, maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan penjual akan berkurang”. Hukum ini berlaku terjadinya ceteris paribus.
5. Kurva penawaran
Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh penjual pada berbagai tingkat harga.
Contoh:
Daftar penawaran buah apel:
No.
|
Harga buah apel tiap kg (P)
|
Jumlah buah apel tiap kg yang ditawar (S)
|
1.
|
Rp 2.500,00
|
300
|
2.
|
Rp 5.000,00
|
600
|
3.
|
Rp 7.500,00
|
900
|
4.
|
Rp 10.000,00
|
1200
|
5.
|
Rp 12.500,00
|
1500
|
6.
|
Rp 15.000,00
|
1800
|
Dari daftar penawaran di atas, maka kurva penawarannya sebagai berikut:
Berdasarkan kurva penawaran di atas, dapat diketahui bahwa kurva bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Dengan demikian kurva penawaran mempunyai slope positif. Artinya jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga barang. Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan.
6. Pergeseran kurva penawaran
Bergesernya kurva penawaran ditandai dengan bergeraknya kurva ke kanan atau ke kiri. Kurva penawaran bergeser ke kiri, artinya jumlah penawarannya mengalami kenaikan. Namun, ketika kurva penawaran barang bergeser ke kiri, berarti terjadi penurunan penawaran barang. Perhatikanlah tabel di bawah ini!
Harga buah apel (Rp/kg)
|
Jumlah buah apel yang ditawarkan
| |
Sebelum harga naik
|
Setelah harga naik
| |
2.500
|
75
|
50
|
5.000
|
100
|
75
|
7.500
|
125
|
100
|
10.000
|
150
|
125
|
12.500
|
175
|
150
|
15.000
|
200
|
175
|
Gambar dari kurva penawaran berdasarkan tabel di atas sebagai berikut:
No comments:
Post a Comment