Translate

Friday 20 October 2017

Materi Bahasa Indonesia kelas 7: Kata Depan

Pengertian Kata Depan

Kata depan kata yang merangkaikan kata-kata atau bagian-bagian kalimat
Contoh : Saya mendapatkan hadiah ulang tahun dari ayah.
Jenis Kata Depan dan Contoh Kata Depan
Berikut merupakan jenis kata depan beserta contohnya
Jenis kata depan umum
  • Ke, di, dari
Contoh:
Andi pergi ke pasar.
Andi menyapu lantai di kamar.
Andi pulang dari Cilacap.

  • Pada
Pada hari Sabtu aku pergi ke Ciamis.

  • Di mana, di sini, di sana, di situ, akan, oleh, dalam, atas, demi, guna, untuk, buat, berkat, terhadap, antara, tentang, hingga.
Contoh:
Di mana : Di mana Andrea tinggal?
Di sini : Tempatmu di sini.
Di sana : Di sanalah kamu tinggal.
Di situ : Di situlah Pangeran Antasari dimakamkan.
Akan : Akan jadi apa kamu tanpa kasih ibu?
Oleh : Andi menangis oleh temannya.
Atas : Aini berterimakasih atas bantuan Sukra.
Demi : Demi hidupnya, ia rela berkorban.
Guna : Gunakan listrik sehemat mungkin.
Untuk : Gunting digunakan untuk memotong.
Buat ; Andi memberi bunga buat kekasihnya.
Berkat : Andi selamat berkat pertolongan polisi.
Terhadap : Jangan galak terhadap murid.
Antara: Inilah kisah antara kau dan aku.
Tentang: Kisah ini tentang kita.
Hingga: Aku akan mencintaimu hingga maut memisahkan.

  • Menurut, menghadap, mendapatkan, melalui, menuju, menjelang.
Menurut : Menurut Andi ia tampan.
Melalui. Andi pulang melalui jalan setapak.
Menuju : Andi pergi menuju Jakarta.
Menjelang : Annisa pulang menjelang magrib.

  • Sampai
  • Contoh : Saya menunggu kakak pulang sampai larut malam.

  • Akan :
  • Sebagai pengantar objek
Contoh : Saya tidak tahu akan masalah itu.
  • Menyatakan kejadian yang akan datang (masa depan).
Contoh : Saya akan menjadi mahasiswa.
  • Penguat / Penekan
Contoh : Akan masalah itu saya kurang paham.

  • Dengan
  • Menyatakan aku
Contoh : Saya menulis dengan pulpen.
  • Hubungan kesetaraan (komitatif)
Contoh : Saya pulang dengan teman-teman.
  • Adverbial kualitatif
Contoh : Saya belajar dengan giat.
  • Keterangan komparatif (perbandingan)
Contoh : Saya sama tinggi dengan Ani.

  • Atas
  • Menyatakan tempat
Contoh : Rumah saya di atas bukit.
  • Menghubung kata kerja/benda dengan keterangan.
Contoh : Saya bersyukur atas karunia Allah.
  • Antara
  • Penunjuk jarak
Contoh : Jarak antara Banjar dan Ciamis 10 ,km
  • Penunjuk tempat -> di antara
Contoh : Antara Wiwin dan Hasya ada pemisah,
  • Kira-kira
Contoh : Antara 5 kilometeran.

No comments:

Post a Comment