Translate

Saturday 21 October 2017

Materi Bahasa Indonesia kelas 9: Membaca Ekstensif

Ketika kita menginginkan pemahaman yang lebih dari bacaan yang dibaca, maka hal yang harus dilakukan adalah tidak sekadar membaca, harus ada dasar, langkah strategi dan tujuan, baik sebelum, saat dan seusai membaca. Selain dari hal di atas yang harus kita pahami, ada hal lain yang sangat penting diperhatikan.
Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan membaca:
  1. Faktor keterbacaan,
  2. Tersedianya fasilitas yang memadai,
  3. Situasi dan kondisi lingkungan yang nyaman,
  4. Susana tempat yang damai.
Salah satu teknik membaca yang mampu meningkatkan pemahaman seseorang yaitu kegiatan membaca ekstensif.
Pengertian Membaca Ekstensif
Membaca ekstensif yaitu suatu kegiatan membaca yang bertujuan membandingkan dua bacaan atau lebih agar diketahui persamaan dan perbedaan gagasan-gagasan penting yang ada di dalam bacaan-bacaan tersebut. Sedangkan pendapat lain mengatakan, bahwa membaca ekstensif yaitu salah satu cara membaca dengan tujuan agar dapat memnjangkau bahan bacaan secara luas. Dengan demikian akan diperoleh sebuah pemahaman yang cukup memadai mengenai sebuah topik atau permasalahan tertentu.
Bagaimana cara mendapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan kegiatan membaca menggunakan teknik membaca ekstensif?
Supaya mampu menerapakan teknik membaca ekstensif secara baik dan benar memang diperlukan sebuah proses latihan yang konsisten (tetap). Selain itu, diperlukan pula kemauan kuat untuk dapat menjangkau bahan-bahan bacaan, baik yang berupa artikel maupun buku. Semakin banyak bahan yang tersedia, berarti semakin baik pula sarana yang tersedia bagi kalian untuk berlatih mempraktikkan teknik membaca ekstensif.
Dalam membaca dan memahami sebuah bacaan baik artikel maupun berita, harus diperhatikan mengenai prinsip 5 W + 1 H;
  1. What artinya apa yang menjadi pokok pemberitaan atau permasalahan,
  2. Who artinya siapa yang terlibat,
  3. Why artinya mengapa hal tersebut dipermasalahkan,
  4. When artinya kapan permasalahan tersebut muncul,
  5. Where artinya di mana permasalahan tersebut muncul dan berkembang,
  6. How artinya bagaimana pemecahannya.
Setelah membaca dua bacaan atau lebih mengenai satu tema atau topik yang sama, hal selanjutnya yaitu tentukan perbedaan dan persamaan. Sebagai contoh perbedaan dari dua bacaan yang memiliki tema Demam Berdarah, pertama nyamuk merupakan pemakan nectaryakni cairan manis yang disekresikan oleh bunga tanaman (sari madu bunga). Kedua, yakni DBD dapat dikategorikan penyakit berbasis lingkungan.
Ketika perbedaan sudah diketahui, selanjutnya yaitu persamaan, di antara persamaannya seperti untuk dapat mengurangi populasi nyamuk pembawa virus dengue atau variannya, maka perlu kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.
Dalam mengambil gagasan atau pengetahuan yang terdapat pada bacaan disesuaikan dengan keperluan. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam pengambilan gagasan ataupun pengetahuan dari artikel yang kalian baca diperlukan pemilihan atau penyeleksian. Dengan melakukan teknik membaca ekstensif diharapkan hasil pemahaman dalam kegiatan membaca dapat meningat dan tentunya pengetahuan semakin meningkat.

No comments:

Post a Comment